Articles
3 Hal yang harus Anda Ketahui Sebelum Memilih Suplemen Kolagen

Beberapa waktu terakhir, pemberitaan di media massa tentang kolagen banyak bermunculan.

Banyak juga dibahas bahwa kolagen, yang mengandung asam amino tersebut, sangat penting untuk mempertahankan kesehatan jaringan otot, tulang, kartilago, rambut, dan lainnya.

Selain itu, pemberitaan yang lain membahas manfaat kolagen dalam mengatasi berbagai nyeri, misalnya nyeri akibat osteoarthritis maupun nyeri rematik.

Namun manfaat kolagen yang paling populer pastilah untuk mengencangkan kulit dan membuat kita tampak lebih awet muda.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang penggunaan kolagen, ada baiknya kita mulai memahami seluk beluk kolagen itu sendiri.

Apa itu kolagen?

Kolagen merupakan salah satu protein alami yang terdapat dalam tubuh.

Kolagen banyak ditemukan di jaringan otot, tulang, kulit, pembuluh darah, urat, dan sistem pencernaan.

Kolagen merupakan salah satu nutrisi paling penting untuk kulit, karena kolagen-lah yang menjaga elastisitas kulit. Jumlah kolagen yang cukup, dapat membantu kulit tetap sehat dan kenyal.

Kekurangan kolagen dapat menyebabkan berbagai efek negatif, di antaranya kerontokan pada rambut, kulit yang kering, kuku yang rapuh, sampai gangguan pada persendian.

Sayangnya, kolagen bukan merupakan protein yang mudah diperoleh dari makanan kit sehari-hari. Beberapa nutrisi memang perlu kita konsumsi untuk memicu produksi kolagen dalam tubuh ataupun memasukkan nutrisi kolagen dari luar.

Beberapa fakta menarik seputar kolagen

Setelah mengetahui apa itu kolagen, ternyata kolagen juga punya beberapa fakta penting yang jarang diketahui orang.

Berikut ini beberapa fakta di antaranya:

1.     Kolagen dalam tubuh dapat membantu melancarkan regenerasi sel-sel kulit yang rusak. Karena itu, untuk menjaga kulit tetap sehat, kenyal, lembut, dan bebas kerutan, kadar kolagen dalam tubuh penting sangat penting untuk diperhatikan dan tak boleh kekurangan.

2.     Proses regenerasi kulit sendiri ternyata dapat memancing produksi kolagen dalam tubuh. Sel-sel kulit manusia sendiri, umumnya akan beregenerasi setiap 28 hari.

3.     Untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh, diperlukan nutrisi dari luar yang dapat menunjang produksi kolagen. Nutrisi yang dimaksud termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan protein.

4.     Asupan jenis makanan yang kaya akan kandungan vitamin dan protein tersebut di antaranya sayuran, buah, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

5.     Kolagen banyak ditemukan dalam produk konsumer seperti krim dan sabun untuk perawatan kulit, masker, sampai minuman dan suplemen kesehatan. Kolagen dalam produk-produk tersebut dipercaya dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh maupun menambahkan jumlah kolagen dalam tubuh.

Sayangnya, walaupun kita sudah mengonsumsi makanan yang kaya vitamin dan protein untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh, produksi kolagen akan tetap berkurang seiring bertambahnya usia.

Hal inilah yang menyebabkan kulit orang lanjut usia (lansia) menjadi lebih keriput dan kering.

Untuk menghindari hal tersebut, saat ini sudah banyak perusahaan yang memformulasikan kolagen sebagai suplemen untuk melengkapi produksi kolagen dalam tubuh.

Fakta-fakta tentang suplemen kolagen

Untuk memahami suplemen kolagen lebih jauh, ada baiknya kita memahami fakta-fakta tentang suplemen kolagen.

Berikut ini beberapa fakta tentang suplemen kolagen yang perlu kita ketahui:

  1. Ada beberapa jenis suplemen kolagen

Mengonsumsi suplemen kolagen memang memberikan beragam manfaat untuk kulit dan tubuh kita. Namun, unutk mendapatkan manfaat yang optimal, kita harus memahami suplemen yang akan kita konsumsi tersebut.

Ada beberapa bentuk suplemen kolagen yang bisa kita gunakan sesuai kebutuhan. Ada suplemen berbentuk tablet, bubuk, ataupun cairan yang dimasukkan ke dalam tubuh dengan cara disuntikkan.

Dari segi pemakaian, bentuk tablet memang paling praktis, karena kita tinggal ambil tabletnya, lalu telan dengan air.

Namun, ternyata ada cara yang lebih menyenangkan untuk mengonsumsi suplemen kolagen.

Kita bisa memilih suplemen berupa serbuk dan meminumnya dengan minuman kesukaan kita. Mulai dari jus buah, sirup, ataupun susu cocok dicampur dengan suplemen kolagen untuk membuat minuman yang sehat.

Sedangkan untuk suplemen dalam bentuk suntikan cair, memang efek yang ditimbulkan bisa sangat cepat, namun resikonya juga paling tinggi. Karena itu, suplemen jenis ini hanya boleh diberikan oleh dokter.

  1. Juga ada beberapa jenis kolagen yang dipakai sebagai suplemen

Saat ini, di pasaran sudah beredar berbagai macam suplemen kolagen. Masing-masing suplemen tersebut mengandung peptida atau asam amino yang berbeda-beda.

Jenis kolagen yang paling tepat digunakan sebagai suplemen kesehatan adalah kolagen hidrolisat atau hydrolyzed collagen.

Hidrolisat sendiri berarti rantai asam amino yang sudah dipecah menjadi rantai-rantai yang lebih pendek. Dengan adanya proses ini, membuat suplemen kolagen dapat dicampurkan dengan larutan yang panas maupun dingin.

Suplemen hydrolized collagen yang ada di pasaran, juga tersedia dalam bermacam jenis. Beberapa jenis ada yang lebih cocok digunakan untuk mempercantik kulit. Sedangkan jenis lainnya, ada yang lebih optimal untuk memperbaiki persendian dan otot.

Corpus, sebagai salah satu suplemen kolagen yang ada di pasaran saat ini, juga mempunyai beberapa varian yang punya manfaat berbeda-beda.

Corpus fit, misalnya, yang cocok digunakan untuk mendapatkan kondisi tubuh yang lebih prima dalam beraktivitas sehari-hari.

Sedangkan Corpus max, bisa membantu atlet atau kita yang gemar berolahraga untuk mendapatkan performa olahraga yang lebih baik.

Selain itu, Corpus max juga bisa membantu pemulihan tubuh atlet lebih cepat. Jadi rasa sakit akibat olahraga tidak berlama-lama tinggal di tubuh kita.

Lain halnya dengan Corpus Skin Ultra. Dari namanya sendiri, kita sudah tahu bahwa suplemen ini sangat optimal untuk mendapatkan kulit yang cantik. Jadi, dengan suplemen ini, kulit yang sehat, lembut, dan tetap kenyal bukan lagi sekedar mimpi.

  1. Punya banyak manfaat untuk kulit dan otot

Manfaat suplemen kolagen untuk kesehatan kulit dan otot, ternyata bukan isapan jempol belaka.

Banyak penelitian sudah dilakukan untuk membuktikan manfaat ini.

Salah satu penelitian yang membuktikan manfaat untuk kulit sudah dilakukan oleh National Center for Biotechnology Information pada tahun 2014 di Jerman.

Penelitian ini mengumpulkan data dari sejumlah wanita berusia 35-55 tahun. Ternyata, dari penelitian ini, diperoleh hasil bahwa kondisi kulit mereka jadi lebih sehat dan kencang setelah mengonsumsi suplemen kolagen selama 8 minggu.

Sedangkan penelitian untuk membuktikan manfaat kolagen bagi otot, dilakukan oleh Penn State University pada tahun 2008 dengan bantuan para atlet.

Dari penelitian tersebut, diperoleh hasil bahwa atlet yang telah mengonsumsi suplemen kolagen hidrolisat selama 6 bulan, mengalami lebih sedikit nyeri sendi selama aktivitas fisik dan saat beristirahat.

Penelitian serupa juga membuktikan manfaat kolagen untuk mengurangi nyeri punggung atau lutut pada penderita osteoarthritis.

  1. Dapat memperbaiki sistem pencernaan

Salah satu jenis asam amino yang terkandung dalam kolagen, bernama glisin, ternyata punya manfaat untuk mereduksi inflamasi pada saluran pencernaan.

Namun, pernyataan ini belum didukung oleh penelitian yang 100% akurat. Penelitian yang dilakukan di laboratorium belum melibatkan suplemen kolagen, namun melibatkan pengaruh asam amino yang spesifik terhadap saluran pencernaan.

  1. Manfaat bisa optimal apabila didukung dengan perubahan gaya hidup

Suplemen kolagen memang telah dibuktikan dapat memberikan manfaat untuk kesehatan.

Namun, untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal, para ahli menyarankan agar kita tetap menghindari gaya hidup yang bisa merusak kolagen saat tua.

Gaya hidup yang harus dihindari termasuk merokok, mengonsumsi makanan tinggi glukosa yang menyebabkan kadar gula dalam darah jadi tinggi, terkena paparan sinar matahari yang berlebihan tanpa menggunakan sunscreen, dan obesitas atau kelebihan berat badan.

Lebih lanjut, para ahli tetap menyarankan kita untuk mengonsumsi makanan yang bergizi dan menerapkan gaya hidup yang baik, sebagai kunci untuk tampil awet muda. Suplemen tetap perlu digunakan sebagai pendukung untuk mencapai tujuan tersebut.

Setelah mengetahui berbagai fakta tentang manfaat suplemen kolagen, kita perlu mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk memilih suplemen kolagen yang dapat kita konsumsi.

3 Cara memilih suplemen kolagen untuk dikonsumsi

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya, saat ini di pasaran beredar banyak sekali jenis suplemen kolagen.

Karena itu, kita perlu lebih jeli dan teliti untuk memilih suplemen kolagen terbaik yang bisa kita konsumsi.

Beberapa kriteria suplemen kolagen yang cocok untuk kita konsumsi di antaranya adalah:

  1. Pilih suplemen kolagen yang komposisinya paling sederhana

Suplemen kolagen seharusnya hanya berisi isolat protein kolagen, yaitu kolagen hidrolisat, hydrolyzed collagen atau collagen peptides.

  1. Lewatkan suplemen kolagen yang punya berbagai perasa

Suplemen kolagen dengan berbagai macam rasa biasanya punya kadar gula yang tinggi. Kadar gula tinggi ini dapat membuat perut terasa tidak enak bahkan menambah jumlah kalori yang seharusnya tidak kita butuhkan.

Karena itu, kita lebih baik memilih suplemen kolagen yang tawar tanpa tambahan perasa. Kita bisa menikmati dengan cara yang lebih enak dengan mencampur dalam minuman favorit kita, misalnya susu, jus buah, atau minuman yang lain.

  1. Perhatikan juga sertifikasi dari lembaga resmi

Karena suplemen kolagen ini umumnya belum banyak diatur dalam regulasi kesehatan, maka lebih baik kita memilih suplemen yang telah memiliki sertifikasi dari badan-badan resmi.

Sertifikasi yang penting untuk kita perhatikan misalnya sertifikat Halal dari lembaga MUI (Majelis Utama Indonesia) yang menjamin kehalalan suatu produk. Selain itu, sertifikasi dari lembaga internasional lain yang dapat dipertimbangkan adalah OU Kosher yang dikeluarkan oleh Orthodox Union. Sertifikat ini hanya diberikan pada makanan dan suplemen makanan yang berkualitas dan diakui secara internasional.

Kriteria-kriteria di atas tampaknya sangat kompleks dan akan sulit dalam menemukan produk yang memenuhi semua kriteria tersebut. Namun, sebenarnya kita tak perlu pusing dalam menentukan produk apa yang tepat untuk kita pilih.

Salah satu produk yang sudah pasti memenuhi kriteria di atas dan merupakan hasil penelitian dari para ahli kolagen adalah suplemen kolagen Corpus.

Suplemen kolagen Corpus sendiri mengandung kolagen hidrolisat murni, tanpa perasa, pewarna, ataupun bahan tambahan pangan lainnya. Selain itu, suplemen kolagen Corpus ini merupakan hasil penelitian para ahli dan telah teruji secara klinik memberikan manfaat kesehatan dari kolagen itu sendiri.

Karena itulah, kualitas suplemen kolagen Corpus diakui secara internasional dan telah mendapatkan sertifikasi dari OU Kosher dan Halal MUI.

Suplemen kolagen Corpus juga dengan mudah dapat ditemukan secara daring/online lewat website www.lecorpformos.com sebagai satu-satunya distributor produk ini di Indonesia.

Setelah mengetahui berbagai fakta tentang kolagen, apakah Anda sudah lebih yakin untuk mengonsumsi kolagen demi mendapatkan manfaat kesehatannya sekarang? Suplemen kolagen apa yang Anda pilih untuk menjaga kesehatan kulit, sendi, ataupun otot Anda?   

Instagram
Get Update With our products? SUBSCRIBE NOW!

© 2020 LE CORP FORMOS. All Rights Reserved. Terms of Use Privacy Policy Site by Kibo Creative