Articles
Kolagen dan 7 manfaat ajaibnya untuk memaksimalkan hasil olah raga anda

Kolagen merupakan senyawa protein komplit yang sangat penting bagi tubuh manusia. Kenapa? Karena sebagian besar penyusun jaringan ikat dalam tubuh manusia adalah kolagen.

Kolagen dapat ditemukan pada persendian, otot, ligamen, tendon, kartilago, dan jaringan ikat lain dalam tubuh. Selain itu, bagian tubuh lain yang disusun oleh kolagen adalah tulang.

Kolagen memang dapat diproduksi secara alami dalam tubuh manusia. Namun sayangnya, seiring pertambahan usia, seringkali laju penggunaan kolagen dengan tingkat produksinya menjadi tak sebanding.

Olahraga berat secara terus menerus dan proses penuaan secara alamiah, punya peran yang sangat besar dalam mendegradasi kolagen dalam tubuh. Proses degradasi ini memang berjalan secara lambat namun progresif. Sayangnya, sering kali keluhan seperti rasa nyeri berkepanjangan baru muncul saat kondisi kekurangan kolagen sudah parah.

Karena itu, umumnya para atlet dan penghobi olah raga berat seperti fitnes atau angkat berat, sangat menyadari pentingnya protein bagi tubuh. Biasanya, untuk meningkatkan suplai kolagen dalam tubuh, mereka menambahkan suplemen kolagen dalam nutrisi sebelum dan sesudah olah raga.

Nah lantas, apa saja manfaat kolagen yang mendukung aktivitas fisik atau olah raga? Simak penjelasan selengkapnya pada 7 poin di bawah ini.

 1.     Menjadikan tulang dan persendian lebih sehat

Olah raga yang berat seringkali memberikan dampak yang kurang baik bagi persendian. Contohnya, pelari rutin, seringkali mengeluhkan sakit pada persendian kaki dan tulang keringnya.

 Untungnya, kolagen dapat membantu memperbaiki kondisi ini. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Penn State University, suplemen kolagen yang dikonsumsi oleh para atlet dapat membantu persendian mereka tetap sehat.

Selain itu, menurut penelitian yang sama, kolagen juga dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada persendian untuk orang-orang yang termasuk dalam kelompok beresiko tinggi mengalami gangguan persendian.

Kolagen juga menyediakan asam amino penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang, sendi, dan jaringan ikat.

2.     Mempercepat pemulihan otot pasca latihan

Saat berolah raga dengan intensitas tinggi, tubuh akan mendapatkan tekanan yang cukup besar. Tekanan ini menyebabkan inflamasi pada jaringan ikat. Inflamasi inilah yang sering dirasakan sebagai nyeri pasca olah raga.

Suplemen kolagen ternyata berperan sangat besar dalam mengurangi inflamasi ini. Kolagen dapat mempercepat pembangunan kembali jaringan-jaringan yang terinflamasi setelah berolahraga. Jadi, nyeri pasca olah raga bisa berkurang dan lebih cepat pulih.

Konsumsi suplemen kolagen yang direkomendasikan adalah hydrolyzed collagen karena dapat cepat memperbaiki jaringan yang rusak. Hydrolyzed collagen terdiri dari peptid-peptid dengan ukuran yang lebih kecil, sehingga lebih mudah diserap dan dimanfaatkan oleh tubuh.

3.     Mengurangi resiko cedera pada tendon dan ligamen

Saat berolah raga secara rutin, otot berpotensi untuk berkembang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan ikat yang menopangnya. Akibatnya, potensi resiko sakit dan cedera saat berolahraga menjadi lebih besar.

Karena sebagian besar jaringan ikat terdiri dari kolagen, suplai kolagen dari luar dapat membantu jaringan ikat tetap fleksibel. Selain itu, suplai kolagen ini juga berguna untuk membantu jaringan ikat berkembang dengan kecepatan yang setara dengan perkembangan otot. 

4.     Mempertahankan keseimbangan nitrogen dalam tubuh

Atlet profesional dan penghobi fitnes pada umumnya sudah mengetahui manfaat menjaga keseimbangan nitrogen dalam tubuh.

Keseimbangan nitrogen ini dapat menjaga tubuh pada kondisi anabolic, yaitu kondisi ideal bagi otot untuk berkembang. Nah, konsumsi kolagen secara rutin dapat membantu mempertahankan keseimbangan kadar nitrogen dalam tubuh.

Jadi, konsumsi kolagen secara rutin sebelum dan sesudah berolahraga, dapat membantu proses pembentukan otot-otot primer.

5.     Meningkatkan kualitas tidur

Sudah menjadi rahasia umum bahwa otot berkembang dengan maksimal saat kita beristirahat, terutama saat tidur. Semakin baik kualitas tidur yang bisa dicapai, semakin baik pula otot akan pulih dan bertumbuh.

Kolagen yang punya banyak kandungan glisin, dapat membantu tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas. Karena itu, suplai kolagen yang cukup bagi tubuh dapat membantu tidur lebih baik, sehingga hasil olah raga bagi otot menjadi lebih optimal.

6.     Menyediakan nutrient yang lebih baik bagi otot

Arginine  yang terkandung dalam kolagen dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh.

Arginine diketahui sebagai vasodilator, yang dapat membantu relaksasi dan memperlebar pembuluh darah.

Saat pembuluh darah melebar dan aliran darah jadi lebih lancar, semakin banyak oksigen dan nutrient lain yang bisa mencapai otot. Dengan demikian, proses pemulihan pasca latihan juga akan berlangsung lebih cepat dan lebih baik.

7.     Mengurangi lemak tubuh

Kolagen yang dikonsumsi secara rutin sebelum dan sesudah berolahraga dapat mempertahankan dan memperbaiki kandungan protein dalam otot.

Peptid dalam kolagen, yang mengandung 20% glisin dan 8% arginine, dapat membantu sintesis kreatin dalam tubuh. Kreatin ini diperlukan untuk membentuk energi bagi otot, yaitu ATP (Adenosine Tri Phosphate).

Dengan meningkatnya ATP, energi yang dimiliki otot untuk berolahraga dapat meningkat. Selanjutnya, dengan peningkatan performa olah raga dalam waktu singkat, atlet jadi bisa meningkatkan masa tubuh dan menurunkan masa lemaknya dengan lebih cepat juga.

Demikianlah manfaat kolagen yang berguna dalam memaksimalkan hasil olah raga. Sudahkah Anda menambahkan kolagen sebagai suplemen olah raga Anda?

 

Instagram
Get Update With our products? SUBSCRIBE NOW!

© 2024 LE CORP FORMOS. All Rights Reserved. Terms of Use Privacy Policy Site by Kibo Creative